Cara Mudah Aktifkan Bluetooth di Laptop di Windows 7 & 10

Koneksi bluetooth di laptop biasanya digunakan untuk mengirim data atau file. Penggunaan bluetooth di laptop sebenarnya sudah sangat jarang sekali karena lebih mudah dengan koneksi wifi atau internet yang ada di laptop.

Cara Mudah Aktifkan Bluetooth di Laptop di Windows 7 & 10

Faktanya koneksi bluetooth di laptop masih digunakan ketika mau mencetak file ke printer thermal yang masih menggunakan bluetooth sebagai media transfer datanya, ketika mau menyambungkan dengan speaker portable yang menggunakan bluetooth untuk pairing atau ketika menggunakan headset.

Karena fitur bluetooth di laptop ini jarang dipakai, terkadang Kita mengalami kesulitan untuk mengaktifkan bluetooth tersebut. Atau bisa juga karena hal lainnya, untuk itulah mari Kita pelajari terlebih dahulu permasalahan yang biasa terjadi agar kita bisa mengaktifkan bluetooth di laptop Kita.

Masalah Yang Sering Muncul Ketika Mau Aktifkan Bluetooth di Laptop

1. Laptop Tidak Ada Bluetoothnya

Beberapa produsen laptop tidak memproduksi laptop yang dilengkapi dengan fitur bluetooth, entah mengapa demikian. Mungkin mengingat semakin mudahnya dijaman sekarang terhubung dengan wifi dan internet sehingga tidak memerlukan konektifitas menggunakan bluetooth.

Solusi untuk mengatasi masalah laptop yang tidak ada fitur bluetoothnya adalah dengan menggunakan perangkat tambahan seperti usb bluetooth dongle yang bisa dibeli dari marketplace seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak atau Lazada. Sampai dengan saat ini ketika penulis menulis artikel ini, usb bluetooth dongle yang beredar di marketplace sudah menggunakan Bluetooth 5.0

2. Driver Bluetooth Tidak Di Install dengan Baik dan Benar

Pastikan laptop Anda sudah terinstall driver bluetooth yang sesuai dengan OS (operating system) Windowsnya. Pelajari dulu bluetooth yang terdapat di laptop Anda apakah sudah sesuai dengan versi windowsnya.

Untuk memudahkan install driver bluetooth di laptop sekarang Anda bisa menggunakan aplikasi driver installer yang sudah banyak beredar di Internet seperti, Driver Pack, AIO Driver, Smart Driver dan lainnya.

3. Perlu Update Driver Bluetooth dengan Versi Terbaru

Kesalahan dan gagalnya koneksi dengan bluetooth yang dikarenakan driver bluetooth tidak di install dengan baik dan benar sering terjadi lantaran kesalahan awal saat identifikasi type atau seri laptop, versi driver bluetooth yang tidak sesuai, kompatibilitas antara windows yang dipakai dengan versi drivernya dan lain sebagainya.

Untuk mengurangi kesalahan install versi driver bluetooth pada laptop, perhatikan dengan benar seri laptop dan versi windows yang dipakai. Buka situs resmi brand atau merk laptop untuk mencari dukungan drivernya atau bisa langsung cari di Google dengan kata kunci seperti (merk laptop + seri + drivers support) jadinya seperti ini "asus x450cc drivers support".

Pastikan mengunjungi halaman resmi merk laptop Anda, agar tidak tersesat mencari driver di situs - situs tidak jelas.

Jika masih kesulitan mendapatkan driver yang di inginkan, Kami sarankan Anda menginstall aplikasi pencari driver yang banyak tersedia di Internet seperti yang sudah Kita tulis diatas.

Cara Aktifkan Bluetooth di Laptop Windows 7

Untuk mengaktifkan bluetooth di laptop yang masih terinstall Windows 7, silahkan ikuti lagi berikut ini.
1. Buka Control Panel
2. Masuk ke Devices & Printers
3. Lalu pilih Add a Device
4. Selanjutnya ikuti petunjuk yang telah disediakan oleh Windows 7

Jika Anda sudah mencoba langsung cara diatas namun tidak menemukan solusinya, sekarang coba langkah berikut ini untuk bisa mengaktifkan bluetooth di laptop yang terinstall Windows 7.
1. Tekan Tombol Windows + R pada keyboard laptop
2. Akan muncul halaman Run
3. Ketik perintah "services.msc" untuk menampilkan servis yang berjalan di Windows 7 tersebut
4. Temukan proses Bluetooth Support Service, klik 2x untuk membuka
5. Pada pilihan Startup type: Pilih Automatic
6. Lalu pilih Start
7. Selesai

Jika tidak ada proses Bluetooth Support Service berarti laptop Anda memang tidak ada bluetoothnya, sehingga Anda perlu membeli USB Bluetooth Dongle yang ada di marketplace.

Cara Aktifkan Bluetooth di Laptop Windows 10

Cara aktifkan bluetooth dengan start menu.

Inilah langkah yang bisa Anda pakai untuk mengaktifkan bluetooth di laptop yang menggunakan Windows 10.
1. Buka Logo Windows di Laptop
2. Masuk ke Pengaturan / Settings, lalu pilih Perangkat (Device), lalu pilih lagi Bluetooth dan Perangkat lain (Bluetooth & Other Devices)
3. Lalu geser hingga tombol bluetooth menyala biru

Mengaktifkan bluetooth di laptop dengan tombol pada keyboard

Beberapa tipe laptop telah menyediakan fitur cara cepat menyalakan atau mematikan bluetooth melalui tombol cepat pada keyboard yaitu dengan menggunakan Tombol FN + Tombol yang ada Ikon Bluetoothnya. Tekan secara bersama kedua tombol tersebut. Jika pada keyboard laptop Anda tidak ada gambar ikon bluetooth cobalah cara aktifkan bluetooth dengan start menu diatas.

Kesimpulan: Jika Masih Belum Bisa Nyalakan Bluetooth

Cukup mudah bukan untuk mengaktifkan bluetooth di laptop? Kalau masih belum juga ketemu solusi cara mengaktifkan bluetooth di laptop, silahkan konsultasikan dengan teknisi komputer atau teknisi laptop yang ada di sekitar tempat tinggal Anda, ada kemungkinan komponen yang mungkin rusak, kotor atau perlu diganti agar bluetooth laptop kembali normal sehingga bisa dipakai.