Cara Aktifkan Wifi di Laptop Lengkap dengan Penjelasannya

Pada dasarnya laptop adalah perangkat keras yang sebenarnya dibuat untuk memudahkan pengguna karena ukurannya yang relatif kecil sehingga mudah dalam mobilisasi atau mudah dibawah kemana-mana karena biasanya memiliki berat yang tidak lebih dari 5 Kg.

Meskipun komputer jenis ini memiliki bentuk yang lebih praktis namun secara kemampuan dan kelengkapan fiturnya bisa disandingkan dengan komputer desktop.

Bahkan pada zaman saat ini ada beberapa produsen laptop yang berani memproduksi laptop dengan spesifikasi super tinggi yang dijual seharga mobil baru dengan membawa kemampuan yang setara komputer server.

Dengan kemampuan setara komputer server laptop tersebut sudah bisa digunakan untuk kinerja multitasking seperti editing dan render video.

Cara Aktifkan Wifi di Laptop

Memahami Terlebih Dahulu Perangkat yang Terpasang di Laptop

Beberapa Perangkat Keras yang Ada di Laptop Diantaranya:

1. Keyboard Laptop

Setiap laptop sudah pasti sudah dilengkapi dengan keyboard meskipun laptop tersebut sudah menggunakan layar sentuh atau touchscreen.

2. Touchpad Laptop

Touchpad lebih mudah diartikan sebagai pengganti mouse. Fungsinya sama seperti mouse pada komputer pc, yaitu bisa untuk mengarahkan kursor, untuk klik kanan dan kiri, scroll kebawah dan lain sebagainya.

3. Wifi

Karena laptop memang difungsikan untuk memudahkan dibawa kemana-mana, sudah pasti dilengkapi dengan fitur Wifi. Walaupun kebanyakan laptop juga ada Port LAN yang digunakan untuk menghubungkan jaringan lokal ataupun bisa juga dipakai untuk menghubungkan laptop dengan modem Internet dengan menggunakan kabel LAN dan RJ45 sebagai konektornya.

4. Speaker Laptop

Tentunya laptop juga sudah dilengkapi dengan speaker, selain digunakan untuk multimedia seperti mendengarkan musik tentunya speaker tersebut bisa digunakan untuk mengidentifikasi error seperti kode bunyi beep pada komputer.

5. Layar LCD / LED

Untuk laptop keluaran terbaru semua sudah menggunakan LED karena monitor jenis LED lebih hemat energi daripada LCD. Selain itu dengan menggunakan layar berbahan LED tingkat radiasi yang dihasilkan jauh lebih rendah ketimbang LCD.

6. CD / DVD ROOM

Laptop jadul hampir semuanya terdapat CD / DVD ROOM hal ini dikarenakan pada jaman dahulu orang lebih banyak menggunakan CD atau DVD sebagai media penyimpanan. Namun seiring perkembangan teknologi yang kian pesat baik CD maupun DVD kini mulai ditinggalkan karena mulai melirik teknologi USB Disk dengan bentuk yang lebih kecil namun bisa menyimpan puluhan hingga ratusan GB file.

7. Port LAN, USB, HDMI

Beberapa laptop mungkin tidak memiliki port HDMI karena mungkin masih menggunakan port VGA. Namun untuk port USB sudah dipastikan selalu ada karena port inilah yang sering dipakai untuk menghubungkan dengan mouse, printer, kabel data hp dan perangkat keras lainnya.

8. Bluetooth

Tidak semua laptop dilengkapi dengan fitur ini, bahkan laptop tipe terbaru pun belum ada bluetoothnya karena fitur ini sudah dianggap tidak begitu penting karena sudah ada Wifi.

Nah setelah Kita sudah mengenal beberapa perangkat keras yang ada di laptop, sekarang kita bahas bagaimana cara aktifkan wifi di laptop.

Untuk mengaktifkan wifi di laptop bisa dilakukan dengan beberapa cara diantaranya:

Cara Aktifkan Wifi di Laptop pada Windows

Pilih Ikon Jaringan Wifi yang ada di taskbar (posisinya di pojok kanan bawah). Jika tidak terlihat biasa dikarenakan ikon tersebut statusnya tersembunyi. Namun jika tidak juga menemukan ikonnya coba cek pada Device Manager pada bagian Network Adapters, apakah driver wifi sudah terinstall.

Jika sudah melihat ikon jaringan wifi di laptop bisa langsung klik nama jaringan wifi yang tersedia kemudian masukkan sandi wifi nya.

Penyebab Tidak Bisa Mengaktifkan Wifi Laptop

1. Karena Driver Belum di Install
Pastikan sudah menginstall driver wifi pada laptop Anda untuk bisa menggunakannya. Terkadang ada beberapa seri laptop yang memerlukan install driver wifi karena driver bawaan windows yang tidak support.

2. Driver Yang di Install Tidak Sesuai
Pastikan driver wifi laptop Anda sesuai dengan versi dan seri laptopnya. Lihatlah label biasanya ada di bagian belakang maupun depan laptop untuk mengetahui seri dan tipe laptop Anda, lalu cari di Google seri laptop tersebut. Pastikan Anda membuka halaman situs resmi dari produsen laptop tersebut dan pastikan pula seri dan tipe laptopnya sama dengan laptop yang Anda punya. Kunjungi halaman atau website resmi untuk mendownload driver wifi untuk laptop Anda.

3. Kartu Wifi atau Wifi Card Laptopnya Rusak
Jika masih tidak keluar ikon wifi nya, ada kemungkinan wifi card pada laptopnya rusak atau karena kabel antena wifi terlepas dari portnya. Untuk solusi dari masalah ini, bawa ke tukang service laptop atau bisa coba buka sendiri laptopnya dengan mencari panduan atau tutorial membuka laptop. Namun saran yang terakhir tidak Kami rekomendasikan karena bisa saja malah merusak part laptop yang lain.

Untuk mengaktifkan WiFi di laptop, pertama-tama pastikan bahwa laptop Anda memiliki fitur WiFi yang terpasang. Jika tidak, Anda mungkin perlu menambahkan adaptor WiFi ke laptop Anda.

Untuk mengaktifkan WiFi di laptop, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Buka Control Panel. Caranya bisa dengan mengklik tombol Start, kemudian ketik "Control Panel" ke dalam kotak pencarian, dan tekan Enter.

2. Pilih Network and Internet.

3. Pilih Network and Sharing Center.

4. Pilih Change adapter settings.

5. Pada jendela yang terbuka, klik kanan pada adapter WiFi yang terpasang di laptop Anda, kemudian pilih Enable.

6. Setelah itu, akan muncul notifikasi bahwa WiFi telah diaktifkan. Anda sekarang bisa mencari dan menghubungkan ke jaringan WiFi yang tersedia.

Kesimpulan Agar Bisa Mengaktifkan Wifi Laptop

Untuk mengaktifkan wifi di laptop sebenarnya sangat mudah caranya karena hanya cukup dengan klik ikon wifi saja, namun terkadang ada masalah yang tidak diduga sehingga wifi tidak bisa terhubung, makanya Kita jabarkan secara menyeluruh termasuk pengenalan perangkat keras lainnya. Serta Kami sertakan beberapa penjabaran penyebab tidak bisa mengaktifkan wifi di laptop agar Anda bisa mengindentifikasi sendiri permasalahan yang biasanya terjadi pada laptop Anda.

Jika Anda masih mengalami kesulitan dalam mengaktifkan WiFi di laptop, Anda bisa mencoba mencari bantuan di forum online atau menghubungi dukungan teknis dari produsen laptop Anda.