9 Cara Agar Laptop Tidak Lemot untuk Pemula

9 Cara Agar Laptop Tidak Lemot untuk Pemula

Bekerja dengan komputer atau laptop sehari-hari sangat membantu pekerjaan Kita. Seringkali ketika melakukan pekerjaan dengan menggunakan laptop menjadi tidak efisien dikarenakan laptop yang dipakai sedang tidak dalam performa yang baik alias lemot.

9 Cara Agar Laptop Tidak Lemot

Banyak faktor yang mempengaruhi kinerja laptop kita jadi lemot seperti diantaranya; karena terlalu banyak install aplikasi tidak penting, karena membolehkan notifikasi dari browser, karena spesifikasi laptop yang memang minim dan jadul, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Akan Kita bahas satu persatu masalah - masalah yang bisa menyebabkan laptop lemot tersebut beserta solusinya agar ketika bekerja dengan laptop bisa lebih efisien.

Sebelum Kita membahas bagaimana cara agar laptop tidak lemot, kita cari dan uraikan terlebih dahulu penyebab yang membuat laptop jadi lemot.

Beberapa Penyebab Laptop Lemot, diantaranya:

1. Spesifikasi Laptop Jadul (minimal)
2. Terlalu Banyak Install Aplikasi
3. Karena Pakai Windows 10
4. Notifikasi Browser Aktif
5. Histori Browsing Jarang Dibersihkan
6. Antivirus Realtime Aktif
7. Beberapa Proses Bawaan Windows yang Berjalan
8. Masih Menggunakan HDD
9. Kotornya Kipas Prosesor

Mari Kita bahas satu persatu penyebab laptop lemot diatas.

1. Spesifikasi Laptop Jadul (Spek Minim)

Tidak dipungkiri masih banyak laptop jadul yang beredar. Laptop - laptop tersebut memang pernah berjaya dimasanya dulu, bisa jadi spesifikasinya dulu sudah spesifikasi paling dewa, namun seiring percepatan dunia teknologi informasi yang segalanya membutuhkan kecepatan, laptop jadul dengan spesifikasi minim tersebut kini sudah menjadi tidak layak pakai karena banyak sekali aplikasi yang membutuhkan spesifikasi tinggi apalagi dunia digital yang terus berkembang seperti sekarang ini.

2. Terlalu Banyak Install Aplikasi

Terkadang Kita ingin mempercepat pekerjaan dengan bantuan beberapa aplikasi yang menurut Kita bisa membantu pekerjaan Kita. Namun nyatanya, banyak aplikasi yang sering Kita install di laptop itu tidak terpakai. Nah daripada aplikasi di laptop tersebut jadi tidak berguna karena tidak pernah dipakai lagi, pakailah aplikasi yang hanya berdasarkan apa yang Kita butuhkan.

3. Laptop Lemot Karena Pakai Windows 10

Faktanya Windows 10 itu sangat ringan jika Kita bisa cara settingnya dengan benar. Ada beberapa fitur dari Windows 10 yang sebenarnya fitur tersebut tidak begitu penting sehingga perlu dimatikan untuk mengurangi beban proses yang berjalan. Beberapa fitur pada Windows 10 yang menyebabkan kinerja laptop jadi lemot diantaranya; fitur windows update, fitur cortana, fitur action center, beberapa fitur yang terdapat di privacy perlu di nonaktifkan, dan masih banyak lagi fitur windows 10 lain yang nanti akan Kita bahas di tulisan terpisah.

4. Notifikasi dari Browser atau Website Push Notifications

Salah satu penyebab laptop lemot adalah notifikasi yang Kita aktifkan atau perbolehkan untuk mengirim notifikasi. Ketika Kita sedang mengunjungi halaman situs berita misalnya, biasanya ketika pertama kali membuka situs tersebut akan muncul notifikasi penawaran untuk mengaktifkannya agar Kita bisa menerima update berita terbaru dari situs tersebut. Hal ini akan sangat mempengaruhi kinerja laptop menjadi lemot karena ada proses yang berjalan dibalik layar tanpa sepengetahuan Kita.

5. Histori di Browser atau Cache Jarang Dibersihkan

Tahukah Anda setiap kita berkunjung ke sebuah website, komputer atau laptop akan menyimpan beberapa data. Bayangkan jika dalam satu hari Kita membuka ribuan website ketika sedang mencari informasi di Internet, mendownload program atau aktifitas lain yang menggunakan akses internet. Nah bekas data tersebut atau cache itu lah yang harus sering Kita bersihkan agar laptop Kita tidak lemot.

6. Realtime Antivirus Aktif

Karena semakin majunya dunia teknologi menyebabkan rawannya juga informasi yang bisa dimanfaatkan oleh orang tidak bertanggung jawab. Dijaman sekarang sudah banyak produsen pembuat program Antivirus yang menghadirkan fitur pengamanan secara online (realtime). Jadi saat Kita sedang browsing di internet, Antivirus tersebut akan melakukan beberapa langkah seperti scanning cepat untuk mencegah laptop kita terserang virus. Fitur yang bagus memang tapi akan memberatkan kerja laptop jika spesifikasi laptop kita minim.

7. Beberapa Proses Windows Berjalan yang perlu untuk dimatikan

Ada beberapa proses Windows yang akan memakan memori komputer atau laptop sehingga menyebabkan menjadi lemot. Beberapa proses Windows yang bisa kita matikan / nonaktifkan diantaranya; windows update, mendisable microsoft edge, disable onedrive, atau beberapa progres yang berjalan dari aplikasi yang telah kita install. (cek di Task Manager - Startup)

8. Masih Menggunakan HDD ketimbang Upgrade ke SSD

Kalau komputer atau laptop Anda masih menggunakan HDD (Hard Drive / Piringan Keras), segera upgrade atau gantilah menggunakan SSD. Karena dengan menggunakan SSD akan meningkatkan performa laptop secara signifikan terutama saat booting dan memproses data karena SSD dirancang berjalan lebih cepat ketimbang HDD.

9. Kotornya Kipas Prosesor

Kipas prosesor yang kotor menyebabkan proses pendinginan terhadap prosesor laptop menjadi berkurang sehingga menyebabkan panas yang berlebihan. Panas yang berlebihan pada prosesor inilah yang menjadikan kinerja prosesor jadi lambat sehingga laptop akan terasa lemot. Sering - seringlah membersihkan laptop untuk mencegah laptop menjadi lemot, salah satunya dengan membersihkan bagian kipas pendingin pada prosesor.

Kesimpulan

Nah setelah Kita mengetahui penyebab laptop lemot diatas, mari Kita buat rangkuman cara agar laptop tidak lemot.
Solusi agar laptop tidak lemot diantaranya:

1. Gunakan atau upgrade laptop dengan spesifikasi tinggi jika Anda punya uang lebih.
2. Install aplikasi sesuai kebutuhan dan keperluan saja
3. Carilah di Internet Tips Agar Windows 10 Berjalan Cepat di Laptop
4. Block atau jangan terima jika ada penawaran dari situs untuk mengaktifkan fitur notifikasi
5. Bersihkan secara berkala histori browser dengan aplikasi seperti ccleaner atau lainnya
6. Matikan fitur pengamanan secara realtime pada antivirus
7. Nonaktifkan proses yang tidak berguna pada Windows
8. Upgrade laptop yang masih pakai HDD ke SSD
9. Bersihkan secara rutin komputer atau laptop Anda dari kotoran dan debu. Simpan di tempat yang terlindung dari kotoran dan debu.

Itulah tips dan cara agar laptop Kita tidak lemot. Semoga bermanfaat buat Anda.