Notebook Vs Tablet, Mana yang Anda Pilih untuk Pekerjaan Kantor?

18 September 2012

Sebuah notebook diciptakan untuk memudahkan pekerjaan. Dengan sebuah laptop, Anda bisa mengerjakan pekerjaan kantor di luar ruangan. Namun, seiring dengan perkembangan zaman, terciptalah sebuah tablet.

Tingkat penjualan tablet pun mengalami tren positif dari waktu ke waktu. Bahkan beberapa vendor pun terpaksa membatasi jumlah produksi netbook yang merupakan versi mini notebook. Namun, apakah sebuah tablet sudah mampu menggantikan laptop untuk pekerjaan kantor? Terdapat beberapa faktor yang harus diperhatikan.

Mobilitas

Dari segi mobilitas, tentunya tablet memiliki kemudahan dibandingkan dengan sebuah laptop. Sebuah laptop biasanya memiliki bobot lebih dari 1,5 kg. Tentunya hal ini akan cukup membebani Anda. Sedangkan sebuah tablet,  kebanyakan memiliki berat tak kurang dari 1kg.

Kemudahan Pemakaian

Layar sentuh pada tablet bagi sebagian besar orang akan cukup sulit digunakan. Terlebih bagi Anda yang terbiasa memakai sebuah keyboard. Namun, terdapat beberapa tablet yang sudah hadir dengan docking keyboard. Selain itu, Anda pun bisa membeli aksesoris tambahan berupa wireless keyboard yang beberapa di antaranya sudah kompatibel dengan tablet Android.

Selanjutnya, yang biasa diperhatikan adalah kapasitas penyimpanan. Dari sini, notebook jelas lebih unggul dengan kapasitas penyimpanan yang lebih besar. Sedangkan tablet biasanya hadir dengan memori internal yang sangat terbatas. Namun, seiring dengan adanya teknologi cloud computing, Anda pun bisa menutup kekurangan tersebut.

Untuk masalah software pun nampaknya tablet tidak terlalu kesulitan untuk memperoleh aplikasi pendukung. Di platform iOS dan Android, sudah tersedia beberapa program yang berasal dari versi notebook. Di antaranya adalah aplikasi office, aplikasi edit foto, edit video dan lain-lain.

Harga

Dari segi harga, tablet Android bisa diperoleh dengan harga yang sangat murah. Anda bisa menemukan berbagai jenis tablet Android yang berkisar dari harga 1 jutaan ataupun tablet high end dengan harga di atas 5 juta. Sementara itu, iPad dijual dengan harga yang setara dengan tablet Android high end. Pun demikian dengan tablet Windows yang kebanyakan masih dijual dengan harga mahal.

Sedangkan dengan harga yang sama, sebuah laptop bisa menghadirkan spesifikasi yang lebih bagus. Misalkan, dengan uang sebesar 3 juta rupiah, Anda bisa memilih laptop yang memiliki prosesor dual core serta layar 14 inci. Sedangkan untuk tablet, dengan harga yang sama Anda hanya akan memperoleh layar 7 inci dengan prosesor dual core.

Kesimpulan

Dari tiga poin di atas, sebuah tablet memang mampu menawarkan performa yang bisa digunakan untuk berbagai jenis pekerjaan kantor. Namun, untuk melakukannya, Anda nampaknya harus memilih sebuah tablet dengan spesifikasi yang tinggi, terutama untuk pekerjaan kelas berat. Sedangkan kalau Anda berbudget rendah, nampaknya notebook adalah pilihan yang bijak.

sumber : www.beritateknologi.com